• header
  • header
  • Bersama

Bismillahirokhmanirokhim... MTsN Kopas sudah menjalankan Belajar Tatap Muka

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MTs NEGERI KOTA PASURUAN

NPSN : 20583843

Jl.Ir.H.Juanda No.85 Tapaan Pasuruan 67129


info@mtsnkotapasuruan.sch.id

TLP : 0343424134


          

Banner

Agenda

26 October 2021
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

Statistik


Total Hits : 342052
Pengunjung : 116946
Hari ini : 32
Hits hari ini : 185
Member Online : 99
IP : 3.238.204.31
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Sejarah Berdirinya MTs Negeri Kota Pasuruan

 

1. Asal Usul Keberadaan MTs Negeri Kota Pasuruan

MTs Negeri Kota Pasuruan merupakan satu-satunya madrasah setingkat SLTP diwilayah Kota Pasuruan dalam naungan Kementerian Agama. Pada asalnya lembaga ini dirintis oleh bapak KH. Amak Fadhol beserta beberapa rekannya sejak tahun 1959, usaha ini mendaparkan dukungan dari tokoh NU bapak KH. Basyar Yasin ketua LP Ma’arif Pasuruan dengan dibantu oleh bapak Khusen dan H. Sholeh beserta tokoh-tokoh yang lainnya.

Maka tepatnya tanggal 1 Januari 1960 berdirilah lembaga  dengan nama Pendidikan Guru Agama Nahdhatul Ulama (PGANU) Pasuruan. tempat belajar pada masa itu masih bergabung dengan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama  di Jl. Ksatria Bangilan Pasuruan. Tidak lama kemudian pindah ke Jl. Nusantara yaitu menempati gedung lama milik pemda Kotamadya Pasuruan.

Kemudian berdasarkan SK Menteri Agama Republik Indonesia dengan nomor SK 113 Tahun 1970 PGANU ini di negerikan. Atas kerja keras para pengelolanya perkembangan jumlah siswanya cukup menggembirakan. Hal menyebabkan sebagian siswa ruang belajarnya di peindahkan ke gedung bekas pabrik rokok di Jl. Dr. Wahidin Utara Kel. Petamanan Kotamadya Pasuruan.

Pada tahun 1977 lebaga ini mendapatkan proyek berupa tiga gedung dari pemerintah (Depag RI) satu ruang kantor TU, empat kamar kecil serta ruang untuk gedung. Proyek ini dibangun di Jl. Veteran Kel. Tapaan. Kemudian tahun 1978 mendapatkan bantuan proyek tahap dua dengan jumlah lokal sama dengan proyek pertama.

Berdasarkan SK Menteri Agama Republik Indonesia nomor SK : 16/1978 nama PGA 4 tahun dirubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) yang masa belajarnya tiga tahun, pada tahun 1978 mendapat proyek tahap ketiga dengan jumlah lokal sebagaimana sebelumnya.

Upaya untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas MTs Negeri terus dilakukan sehingga pada bulan Juli 1993 BP 3 berupa menambah satu ruang kelas disebelah timur gedung proyek. Selanjutnya pada bulan Agustus tahun 1994 BP3 dengan dukungan walimurid dapat menambah dua ruang kelas  yang letaknya membujur keutara. Selajutnya pada bulan Desember 1995 mendapat bantuan proyek dari Departemen Agama sebanyak tiga ruang kelas, satu perpusatkaan dan dua kamar kecil yang letaknya membujur ke barat.

Pada awal tahun pelajaran 1997 / 1998 pengurus BP 3 dan hasil musyawarah walimurid kelas I, II dan III dapat melanjutkan pembangunan dan penambahan lokal untuk laboratorium, ruang praktek serta ruang pertemuan yang dibangun sebelah utara musholla.

 

2.    Tujuan berdirinya MTs Negeri Kota Pasuruan

Sebagaimana dijelaskan didepan bahwa MTs Negeri Kota Pasuruan pada awal berdirinya adalah Pendidikan Guru Agama Nahdlatul Ulama’(PGANU) Pasuruan, dengan tujuan menyiapkan guru agama khusunya di Pasuruan, diaman pada saat itu masih banyak sekolah-sekolah tingkat dasar yang belum memiliki guru agama, kalupun ada guru agama tersebut masih mereangkap mengajar di beberapa sekolah yang lain.

Dengan perubahan nama PGAN 4 tahun menjadi MTs Negeri maka tujuan keberadaannya dapat dilihat pada SKB 3 menteri. Apabila dilihat SKB 3 menteri yang dikeluarkan pada tahun 1975 antara memuat bahwa yang dimaksud dengan madrasah ialah Lembaga Pendidikan yang menjadikan mata pelajaran agama islam sebagai mata pelajaran dasar yangdapat diberikan sekurangnya-kurangnya 30% di samping mata pelajaran umum. Kemudian ditegaskan bahwa Madrasah Tsanawiyah setingkat dengan SLTP. Pada pasal selanjutnya dikatakan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dan madrasah ialah agar tingkat mata pelajaran umum dari masdrasah sama dengan tingkat mata pelajaran umum pada sekolah umum.

Dengan demikian tujuan Madrasah Tsanawiyah adalah disamping memahami seluk beluk agama yang cukup memadai tetapi pada mata pelajaran umum setingkat dengan kemampuannya dengan sekolah umum sederajat.

 

Nama-nama yang yang pernah menjabat Kepala Madrasah :

a.         KH. Amak Fadhli ( Kepala PGANU )

b.        H. Muhammad Hasyim, Kepala PGANU )

c.         Mardi Otomo ( Kepala PGA 4 Tahun )

d.        H. Mahmud Sarbini, BA ( Kepala PGANU / MTsN )

e.         H. Roeslan Soeharto ( Kepala MTsN)

f.         Drs. Ikhwan Muhadjir ( Kepala MTsN)

g.        Drs. Ainur Rofiq.M.Pd.I ( Kepala MTsN )

h.        Drs. HM. Asy’ari Hasyim ( Kepala MTsN)

i.          Drs. H. Fathorrasyid, M.Pd.I ( kepala MTsN )

j.          Dra. Siti Fatimah, M.Pd ( Kepala MTsN )